Selasa, 21 Mei 2013

KOMUNIKASI TATAP MUKA, DI ERA "TEKNOLOGI PEMBUNGKAM KOMUNIKASI"


Begitu banyak program "massanger" bermunculan di era saat ini, sosial media dengan berbagai macam fungsinya seolah menggantikan komunikasi tatapmuka. Semua program tersebut di buat dan dikembangkan untuk memperluas komunikasi sehingga tanpa batas.., Namun dengan kecanggihan tekhnologi saat ini, faktanya penggunaan tekhnologi seolah menjadi "pembungkam komunikasi" 



Pesan vs Komunikasi Utuh
Personal assistant dari seorang eksekutif, yang sudah terbiasa berkomunikasi dengan gadget terkini, suatu saat mengatakan bahwa ia mengalami gejala aneh. Seringkali, secara tiba-tiba, ia tidak bisa berpikir. Setelah berdiskusi, ia menemukan bahwa interaksi melalui pesan teks membuatnya kelelahan.
Tidak seperti pembicaraan telepon ataupun tatap muka, pesan SMS tidak dengan mudah dimengerti. Pesan ketik memang efisien, tetapi membutuhkan imajinasi tinggi, apalagi bila harus diterjemahkan ke dalam tindakan yang melibatkan beberapa hal lain. Katakan saja pesan: ”Mulai hari ini, driver A saya pindah tugaskan ke rumah”.
Bila kita ingin melakukan pekerjaan yang bermutu, pesan sesingkat ini perlu diterjemahkan secara komprehensif. Kita perlu bertanya lengkap: When, where, who, dan why-nya, sehingga how-nya terlaksana dengan tepat. Komunikasi tatap muka jelas lebih memudahkan tanya jawab, tidak saja melalui kata-kata, tetapi juga tarikan nafas, ekspresi muka, gerak-gerik, bahkan juga transaksi emosi.

Organisasi yang menghadapi tantangan untuk internalisasi budaya, juga melakukan manajemen perubahan, bisa merasakan benar betapa komunikasi tatap muka tidak tergantikan. Bayangkan betapa sulitnya kita menyentuh rasa dan emosi orang untuk berubah, bila dilakukan secara jarak jauh, bahkan dengan teknologi tercanggih sekali pun.
Ini juga alasannya, mengapa para direksi sebuah bank tetap berkeras mengembangkan taskforce dan menggerakkan semua manajemen atas, terbang ke seluruh cabang, untuk mengkomunikasikan pesan yang sama, dalam waktu sangat singkat. Banyak keputusan, persuasi strategik, lobi di dalam kegiatan organisasi dan politik yang membutuhkan konteks dan ekspresi emosi secara bersamaaan, tidak bisa diketik. Retorika tidak bisa diketik. “There is more to communication than the message”.

Ciptakan "platform" pribadi
Perusahaan yang semakin banyak memanfaatkan komunikasi elektronik, akan bisa merasakan betapa frekuensi rapat menjadi berkurang. Banyak yang bahkan merasa rapat tidak perlu lagi. Hal ini perlu diwaspadai, mengingat orang tetap perlu menyatukan spirit untuk mengambil keputusan.
Terkadang, kita juga perlu saling menguatkan emosi untuk mengambil risiko. Kita juga banyak membutuhkan tanya jawab instan untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Saya jadi teringat tulisan arsitek Christopher Alexander, di tahun 1977, bahwa interaksi yang paling intensif terjadi bila orang saling menyentuh. Inilah perekat paling efektif di masyarakat dan organisasi.

Dengan tersedianya segala macam fasilitas komunikasi, tidak berarti kita tidak perlu menyusun taktik berkomunikasi. Kitalah yang perlu memilih dan menentukan waktu berkomunikasi. Kita yang perlu bisa memutuskan untuk mengubah telepon ke mode “silent” pada waktu “me time” ataupun waktu berinteraksi dengan keluarga.
Penundaan komunikasi masih bisa ditanggulangi, dengan tetap memberikan servis 24/7. Kitalah yang perlu juga menentukan kapan mau bertatap muka dan mengembangkan hubungan yang lebih natural dan kaya. Hal yang justru sangat penting dan tidak boleh tertinggal adalah sasaran kita dalam berkomunikasi, bukan interaksinya, tetapi produktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar